Rd;- Terdapat banyak sekali media sosial di era seperti saat ini, namun setiap media sosial tersebut memiliki fungsi yang berbeda terhadap jenisnya, jadi jika temen-temen ingin menggunakannya sebagai kebutuhan marketing dalam bisnis pilihlah dengan baik sesuai kebutuhannya. Dillansir dari sirbu.com ada 7 fungsi sosial media berdasarkan jenisnya.
Relationship Networks
Jenis media sosial yang pertama adalah Relationship Networks.
Media sosial ini lebih dipahami oleh masyarakat umum sebagai website yang
digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Beberapa media sosial yang
masuk dalam kategori: Relationship Networks antara lain Facebook, LinkedIn,
Google Plus, Instagram, Twitter, dll.
Relationship Networks merupakan fase awal media sosial
diluncurkan ke publik yang kebanyakan dapat digunakan secara gratis. Biasanya,
media sosial ini menyediakan fitur halaman profil yang berisi foto, biodata,
dan informasi tambahan lain mengenai pengguna. Media sosial ini mewajibkan para
pengguna untuk mendaftar dengan nama asli.
Fungsi media sosial jenis ini yang paling utama adalah untuk
memudahkan pengguna berkomunikasi. Beberapa fitur yang digunakan untuk
kemudahan tersebut, antara lain : dinding (Walls), Timelines atau Private
Messages (PM), dan berbagi (sharing).
Tak cuma itu, fungsi media sosial jenis relationship network
lainnya adalah untuk mencari pekerjaan, terhubung dengan sesama profesional,
berbagi rekomendasi perusahaan, sebagai biro jodoh, mempromosikan brand,
menghubungkan pebisnis dengan konsumen, dll.
Media Sharing Networks
Jenis Sosial Media ini ditentukan oleh fitur media yang
dibagikan para penggunanya. Facebook dan Twitter juga masuk dalam jenis
media sharing networks karena memiliki kemampuan berbagi video
dan gambar yang sangat bagus. Namun, mayoritas konten (postingan) yang
dibagikan oleh pengguna pada media sosial ini mengandung teks.
Berbeda dengan channel media sosial lain seperti Flickr atau
Instagram yang mengedepankan konten visual. Media sosial ini menyediakan fitur
untuk mengunggah dan mengedit gambar sebelum menambahkan caption atau mention pengguna
lain. Selain itu, terdapat channel media sosial seperti YouTube, Vimeo, Vine,
dan Snapchat yang menggunakan video sebagai konten utamanya.
Online Reviews
Online Reviews menciptakan fungsi media sosial yang berbasis
lokasi. Contohnya seperti OpenRice dan TripAdvisor & Zomato. Geolocation
merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengidentifikasi lokasi geografis
untuk menemukan lokasi suatu objek, seperti smartphone atau komputer yang
terhubung dengan internet. Teknologi inilah yang saat ini secara tidak langsung
membuat media sosial menjadi semakin berkembang.
Saat ini, Media sosial Online Reviews sudah
sangat bervariasi targetnya, mulai dari hotel, restoran, hingga perusahaan.
Dalam digital marketing, Online Reviews memiliki andil yang
cukup besar dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, dibanding
sebelumnya. Namun, fungsi media sosial ini yang paling utama
adalah untuk berbagi lokasi suatu tempat yang direkomendasikan.
Forum Diskusi
Forum diskusi adalah salah satu jenis media sosial yang ada pada
masa awal internet. Jauh sebelum Facebook lahir, para pengguna internet
berkumpul pada forum diskusi
Melalui forum diskusi, pengguna internet dapat bertukar pesan
dalam forum yang tersedia untuk membahas video game favorit sampai film
terbaru. Bahkan, beberapa pengguna bisa bertanya mengenai masalah kerusakan
komputer di forum tersebut.
Perbedaan yang cukup besar antara forum diskusi dengan jenis
media sosial yang lain adalah anonimitas para penggunanya. Forum diskusi secara
umum tidak mewajibkan para pengguna untuk mendaftar dengan nama dan identitas
asli, namun bisa menjadi siapa saja. Berbeda dengan jenis sosial media lainnya
yang sangat menganjurkan para penggunanya untuk mencantumkan nama, lokasi,
bahkan foto asli.
Fungsi media sosial ini mulanya hanya untuk berbagi pesan
dan entertainment. Namun, saat ini sudah bisa mengumpulkan beberapa komunitas
dengan kesamaan karakter, seperti hobby dan pekerjaan.
Social Publishing Platforms
Social Publishing Platforms merupakan jenis media sosial yang
menyediakan fitur untuk penulisan artikel dan membagikannya untuk dibaca antara
sesama pengguna. Media sosial jenis ini contohnya adalah blog, microblog,
medium, Tumblr, WordPress, dan lain sebagainya..
Fungsi media sosial ini adalah untuk penulisan artikel,
namun isi dari artikel tersebut sangat luas. Beberapa pengguna memanfaatkannya
untuk bisnis, baik menawarkan produk atau jasa.
Bookmarking Sites
Pada masa awal internet diluncurkan, untuk mencari sebuah
informasi atau konten tidaklah mudah. Berbeda dengan saat ini, sudah ada begitu
banyak website yang menyediakan informasi untuk masing-masing kategori yang
lebih spesifik.
Biasanya, pengguna internet memilih Google untuk menemukan
informasi yang dibutuhkan. Namun, jika informasi yang dibutuhkan hanya
semacam ide atau gambaran saja, maka yang dibutuhkan adalah media sosial jenis
Bookmarking Sites.
Bookmarking Sites contohnya seperti StumbleUpon, Pinterest, dan
Flipboard. Fungsi media sosial ini adalah memungkinkan para
pengguna menggunakan website untuk mengumpulkan konten dari kemudian
menyimpannya di dalam akun masing-masing.
Anda bisa menyimpan berbagai macam bentuk konten, seperti
berbentuk gambar, video, teks, dan lain sebagainya. Selain itu, Konten yang
Anda simpan bisa dibuat private atau bebas diakses oleh publik dan dibagikan ke
pengguna lain.
Interest Based Networks
Salah satu kelebihan yang diberikan oleh Media sosial adalah
kemudahan untuk mempertemukan sekumpulan orang dengan minat yang sama. Saat
ini, sudah cukup banyak komunitas yang berkembang dengan bantuan media sosial.
Beberapa contoh media sosial jenis ini yaitu Facebook Groups, Linkedin Groups,
Google+ communities, dan lain sebagainya.
Selain itu, terdapat juga media sosial untuk satu komunitas
saja, seperti last.fm. Fungsi media sosial ini khusus untuk para musisi dan
pendengar musik. Selanjutnya, ada juga Goodreads yang diperuntukan bagi penulis
dan pecinta buku.
Serta ada IMDB dan Rotten Tomatoes sebagai komunitas para
penggemar dan kritikus film. Fungsi media sosial interest
based networks adalah sebagai tempat berkumpul komunitas tertentu.